MASIGNASUKAv102
9032534155567241003

Mudah Sekali !! Membuat Donat Kentang Empuk dan Berkarakter lucu-lucu

Mudah Sekali !! Membuat Donat Kentang Empuk dan Berkarakter lucu-lucu
Add Comments
Thursday 23 May 2019
Membuat Donat
Donat adalah  salah satu makanan favorite yang sudah saya temukan sejak kecil. Kue unik yang memiliki lubang ditengahnya ini sangat disukai berbagai kalangan, baik anak-anak, dewasa bahkan lansiapun banyak yang menyukainya.

Siapa yang tidak kenal donat? Makanan yang berbentuk bulat bolong yang disajikan dengan di goreng ini sangat populer di dunia. Bahkan, banyak gerai donat mendominasi peluang bisnis kuliner dengamemanfaatkannya. Hingga saat ini belum diketahui Negara mana yang pertama kali mempublikasikan kue donat.


Namun, sejarah mencatat bahwa asal mula pembuatan donat modern yang kita konsumsi sering dimulai dengan penciptaan perusahaan Belanda yang suka membuat kue di pertengahan abad ke-19. Kue Belanda dikenal sebagai “olykoeks”. Kue itu bulat dan biasanya digoreng dengan lemak hewani sampai berwarna kuning keemasan. Karena bagian tengah kue sulit untuk matang, biasanya ditambahkan bahan isian berupa buah atau kacang. Lalu, beberapa imigran Belanda yang tinggal di Amerika Serikat terus membuat olykoeks yang komposisi dan rasanya dipengaruhi oleh budaya Amerika.

Dalam postingan ini saya akan mengshare ke kalian bagaimana cara membuat donat, yang pastinya akan empuk dan lucu karena dihiasi dengan coklat glaze.

Bahan-bahan :
1. Tepung terigu 1/2 kg 
2. Mentega 3 sdt
3. Minyak goreng 3 sdt
4. Fermipan 1 sdt
5. Gula 3 sdt
6. Garam 1/2 sdt
7. Kentang yang sudah direbus dan di haluskan
8. Baking Powder 1/2 sdt
9. 1 butir telur

Langkah-langkah :
1. Masukan 3 sendok gula, 1/2 sendok garam, satu butir telur dan 1/2 sendok baking powder kedalam wadah yang cukup. Aduk menggunakan pengaduk kue hingga berbusa.

Setelah berbusa


2. Setelah berbusa masukan bahan Terigu, Mentega, Fermipan, dan Kentang rebus yang sudah dihaluskan.


3. Aduk lagi menggunakan tangan, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu yaa gengss! atau kamu bisa memakai sarung tangan plastik. Aduk hingga semuanya tercampur rata dan kalis.

Seperti ini :)
4. Selanjutnya tutup menggunakan kain atau plastik sehingga adonan tidak terkena sinar matahari selama 20 menit.

5. Cetak adonan seperti donat pada umumnya :D


6. Diamkan lagi adonan yang sudah dicetak selama sekitar 15 menit untuk hasil yang maksimal. Tanpa menutupnya seperti tadi.

7. Setelah donat dirasa cukup membesar goreng dengan minyak panas menggunakan api kecil agar donat kamu tidak berwarna gelap.

8. Hias donat kamu menggunakan coklat glaze dan butiran meises serres atau keju. Sesuai imajinasi kamu.


Berikut adalah langkah-langkah Membuat donat kentang empuk dan lucu-lucu. Untuk coklat glaze, jika kamu belum tau cara membuatnya bisa dilihat dipostingan selanjutnya nanti ^^


Share ke teman-teman sosmed mu jika artikel ini bermanfaat yahh..
Terimakasih ^^



tags : cara membuat kue donat, dounuts, membuat donat, pengertian donat, sejarah donat, donat kentang, donat empuk, resep donat kentang